Asri Fun Bike, Komunitas Sepeda Pondok Rajeg Asri Cibinong

SIBAWA -- Asri Fun Bike (AFB) atau kelompok kegiatan bersepeda santai adalah komunitas yang dibentuk oleh warga Perumahan Dephan Pondok Rajeg Asri, Cibonong, Kota Bogor. Komunitas ini digagas oleh bapak bapak warga yang hobi bersepeda yang ada di sini. Baru berdiri resmi awal bulan lalu, komunitas ini terus berbenah dan merealisasikan berbagai programnya.

Nama Asri Fun Bike diambil dari nama jalan di perumahan ini, yang memang, semua nama jalannya adalah Asri, ditambah angka di belakanganya. Misalnya ada Jalan Asri I, Jalan Asri II, Jalan Asri III, dan seterusnya.

Saban hari Sabtu dan Ahad, anggota yang tergabung di komunitas yang mayoritas adalah pegawai Dephan ini melakukan kegiatan bersepeda. Tidak tanggung tanggung, mereka biasa meluncur hingga ke Kebun Raya Bogor, Istana Bogor, Gunung Putri Bogor, ke Monas Jakarta, dan tempat tempat lain. Jarak yang panjang itu hanya ditempuh dengan bersepeda. Dahsyat, kan?

Adalah Bapak Kahfi, sang penggagas kegiatan ini. Pak Kahfi yang biasa disapa Pak Haji ini adalah seorang pensiunan yang sampai saat ini masih rutin melakukan kegiatan bersepeda. Bahkan bersepeda sudah ia lakoni sejak anak anak. Inilah yang membuat banyak bapak bapak tambah bersemangat untuk mengikuti jejak Pak Kahfi.

“Pak Kahfi, walaupun sudah tua, tapi masij sehat dan jarang sakit, karena rajin bersepda” kata Pak Wahyuddin, Ketua RT 6 di Perumahan Dephan, yang juga seorang anggota senior di komunitas ini, pada suatu kali.

Kegiatan Asri Fun Bike diantaranya adalah menggelar kegiatan bersepeda santai setiap hari Minggu. Destinasi bersepeda tergantung kesepakatan. Dengan jarak tempuh bersepeda yang terbilang sangat menantang itu, patut diakui, anggota AFB adalah para pesepeda yang berdengkul batu yang susah dicari tandingannya.

Kegiatan bersepeda, memang, tidak bisa dipungkri, sangatlah baik untuk kesehatan. Contohnya adalah Pak Kahfi tadi. Ke mana mana, ia selalu mengayuh sepeda. Sehingga sampai sekarang pun ia masih segar bugar meski usianya sudah cukup senja usianya. Suaranya pun masih sangat jelas dan lantang jika berbicara.

“Alasan bersepeda itu bukan harus sepedanya bagus, tapi adalah semangatnya untuk menjaga kesehatan. Yang terpenting, dengkulnya harus kuat,” celetu Pak Kahfi suatu saat yang disambut tawa hadirin peserta rapat komunitas ini.

Selain untuk menjaga kesehatan, AFB didirikan dalam rangka untuk merekatkan ukhuwah atau persaudaraan antar sesama warga dan anggota. Selain itu tentu saja ini menjadi media hiburan yang sangat menyenangkan. Bahkan banyak kejadian lucu di saat melakukan aktifitas bersepeda ini.

Misalnya kejadian yang menggelikan itu, kadang kadang ada peserta yang ketinggalan jauh di belakang, ada yang terpeleset, ada ada yang berusaha tetap di depan agar tidak tersesat, ada yang malam mampir makan di warung sementara teman yang lain menunggu. Pokoknya semua serba menyenangkan dan penuh keakraban, saling tolong menolong, dan mengapresiasi.

Dengan bersepeda bersama sejatinya akan merangsang lahirnya cita kebersamaan dan kekompakan kita. Dan ini kemudian diharapkan akan menjalar dan berkelindan tubuh ke dalam aspek kehidupan sosial kita Agar kemudian kedamaian dan kekeluargaan akan senantiasa terjaga diantara kita.

Sistem kenaggotaan Asri Fun Bike adalah terbuka. Siapa saja bisa bergabung, baik untuk warga komplek sendiri ataupun di luar komplek. Saat ini AFB telah bernaggotakan kurang lebih 30 orang. Mau sehat? Buruan bergabung dengan komunitas Asri Fun Bike?

Asri Fun Bike – Wahyu Aryanto – 0811144470 – Komplek Perumahan Hankam Jl. Asri 3 No. 22 Rt.02/11 Pondok Rajeg Cibinong – Bogor